Surat Suara Sudah Dicoblos, Sandiaga Minta Penyelesaian Segera

VIVA – Temuan surat suara Pemilu Presiden 2019, yang sudah tercoblos pasangan Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin dan caleg dari sejumlah partai di Selangor, Malaysia, harus menjadi catatan penting.

Penyelesaian masalah diperlukan segera, karena masalah ini dianggap telah mencederai demokrasi di Indonesia.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menilai, kasus penemuan surat suara ini harus segera disikapi dengan serius oleh penyelenggara pemilu. Apalagi, pencoblosan sudah semakin dekat dan hanya menyisakan hitungan hari.

“Tentu sangat disayangkan, ini menjadi cacatan tersendiri, saat hari pencoblosan sudah semakin dekat. Temuan ini sudah mencederai demokrasi,” kata Sandi, di Palembang, Jumat 12 April 2019.

Jumlah surat yang sudah tercoblos pasangan nomor urut 01 dan caleg dari Partai Nasdem, Davin Kirana, jumlahnya bahkan mencapai puluhan ribu surat suara.

Meski merasa dirugikan, namun Sandi tetap menyerahkan masalah ini kepada aparat terkait untuk segera menindaklanjuti.

Dia menganggap, tindakan seperti ini justru akan membangkitkan rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi.

“Temuan itu dibilangnya tercoblos, kalau saya bilang itu sengaja dicoblos. Jumlahnya juga berkarung-karung, ini sangat tidak adil,” katanya.

Sandi berharap, masalah ini segera diselesaikan. Dia ingin hukum dapat dijalankan sesuai fungsinya dan tidak tajam sebelah. Masyarakat juga punya hak untuk mengetahui penyelesaian dari masalah ini.

“Permasalahan ini, saya harap bisa segera diselesaikan. Nanti kita lihat, apakah hukum tajam terhadap oposisi dan tumpul terhadap penguasa. Biarkan penanganan berlangsung, tetapi jangan berlarut. Ini harus cepat, karena tinggal hitungan hari,” kata Sandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *