12 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh

Tempat Wisata di Aceh Besar

Tiket Travelling – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang tempat wisata di Aceh Besar, yang mana informasi ini sangat bermanfaat bagi anda yang akan berlibur di akhir pekan ataupun di hari hari biasa dikala sedang santai. Informasi tentang tempat wisata di Aceh Besar ini akan memberikan wawasan kepada anda bahwa di kabupaten Aceh Besar ini sudah banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun dari luar negeri.

Banyak yang belum tahu tentang tempat wisata di Aceh Besar ini, padahal peresmiannya sudah lama di buka namun peminat untuk berkunjung ke tempat wisata ini masih terbilang sedikit. Perlu anda ketahui bahwa tempat wisata di Aceh Besar ini akan terus di renovasi untuk menarik minat para pemburu tempat wisata, sehingga pemasukan ke daerah juga semakin besar.

Simak baik baik ya 12 Tempat Wisata di Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh ini. Kalau perlu baca sampai akhir agar anda tahu semua tempat wisata di Aceh Besar. Dan kalau sudah mengetahuinya segera berkunjung ke tempatnya agar bisa merasakan sensasinya.

1. Cagar Alam Jantho

tempat wisata di aceh besar

Dari Banda Aceh (Ibukota Propinsi NAD) berjarak sekitar 50 Km. Dari Kota Jantho (Ibukota Kabupaten Aceh Besar) ke Kawasan Cagar Alam sekitar 9 km. kita dapat kesana Menggunakan kendaraan pribadi ataupun sarana transportasi umum.

Kawasan Cagar Alam Jantho menjadi kawasan lindung bagi pemerintah daerah Nangroe Aceh Darussalam. Berbagai Flora dan Fauna hidup dalam cagar alam ini. Waktu kunjungan terbaik pada bulan April s/d Agustus (Musim Kemarau) untuk menikmati pemandangan/panorama yang indah. Jenis Flora yang bisa didapati diantaranya hutan Pinus, Mampre, Jambu air, Gleum, Bremen, Sampang, Ara, Damar, Medang, Kayu hitam, Beringin, Meranti, Kandis, Rambutan hutan, Tampu, Ketapang, Medang ara, Lukup, Tampang, Lawang, Semiran, Anang, Jenarai, Kerakau, Rengen, Merbau. Sementara keanekaragaman fauna yang bisa dijumpai seperti siamang, Owa, Macan dahan, Kucing Hutan, Rusa, Kijang, Kancil, Napu, Gajah, Kambing Hutan, Beruang, Trenggiling, Kukang, Kuao.

2. Gunung Seulawah

tempat wisata di aceh besar

Gunung Seulawah Agam Kabupaten Aceh Besar. Seulawah Agam kaya akan berbagai Flora dan Fauna. Sebut saja Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatraensis), Kedih (Presbytis Thomasi), Burung Rangkong (Buceros Rhinocerous), dan Jamur (Fungi) berbagai species serta satwa-satwa lainnya. Menurut kabar, nantinya Seulawah Agam dan kembarannya Seulawah Inong akan dijadikan sebagai kawasan konservasi. Itu penting, mungkin saja mengingat perambahan kayu kian marak saja di sana.

3. Pusat Latihan Gajah

tempat wisata di aceh besar

Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree berada di lokasi Kabupaten Aceh Besar, Hewan Gajah adalah satwa herbivora pemakan tumbuhan dan penyebar bibit dari hasil kunyahan yang tertelan melalui prosesi memamah biak dan dari kotorannya dapat membantu proses pembiakan biji secara natural, kotoran tersebut membantu proses percepatan tumbuhnya biji (dormansi) menjadi kecambah, juga kotorannya menghasilkan pupuk organik bagi hutan yang menjadi daerah lintasannya.

4. Wisata Taman Hutan

tempat wisata di aceh besar

Objek Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan mempunyai sejarah panjang sebelum ditetapkan menjadi Tahura. Sejak tahun 1930 kawasan Seulawah Agam telah ditetapkan menjadi kawasan hutan. Pada tahun 1990 Pemda Daerah Istimewa Aceh, melalui SK Gubernur Kepala D.I. Aceh No. 522.51/442/1990 tanggal 4 September 1990 membentuk Tim Taman Hutan Raya Seulawah. Luas peruntukannya mencapai 25.000 hektar, dari luas tersebut akan dipilih 10.000 hektar yang dianggap layak dan dapat mewakili keanekaragaman potensi flora, fauna maupun potensi fisik lainnya yang ada.

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *